Sabtu, 16 Juli 2011

Teknologi Delta Qualstone Part 2

Teknologi Delta Qualstone (TDQ)

Sebagai Tukang, Pernah tidak rekan-rekan memikirkan teknologi pembangunan candi yang membuat terheran-herannya orang barat? Diantara kehebatannya adalah:
  • Sistem drainase hebat, sehingga tidak menimbulkan genangan sewaktu turun hujan.
  • Tahan gempa. Lihat aja candi-candi telah mewati usia begitu lama, begitu banyak peristiwa, gangguan manusia, alam maupun hewan. Namun sampai sekarang tetap berdiri megah.







Saat ini telah ditemukan teknologi mutakhir yang bisa mengantisipasi hal ini. Temuan ini diberi nama Teknologi Delta Qualstone S.K.125. Karya putra terbaik bangsa ini telah diuji di Balai Besar Pengujian Barang dan Bahan Teknik (B4T) Bandung, terdaftar di Business Technology Center - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BTC-BPPT), serta telah memiliki sertifikat Hak Paten.

Teknologi Delta Qualstone

  1. Bahannya beton cor.
  2. Elastis dan bisa menahan gempa.
  3. Sangat kuat.
  4. Penggunaannya tidak membutuhkan perekat, tinggal menumpuk saja.
  5. Setelah terpasang tinggal plester.
  6. Bentuknya unik, beban akan terdistribusi dengan sempurna.
  7. Tulangan hanya untuk beberapa tipe penyangga (misal u/ balok dan kolom) dan beberapa tipe pengembangan.

Teknologi Delta Qualstone Toleransi gempa hingga 9 skala richter

Mengapa Teknologi Delta qualstone S.K.125 disebut-sebut sebagai teknologi yang bisa beradaptasi pada getaran gempa hingga 9 skala richter? Menurut penemunya, beton cetak produk teknologi ini per piece-nya memiliki berat ± 3,85 kg dan kuat tekan 125 kg/cm³. Jadi bila dibandingkan dengan produk bahan bangunan sejenis semisal batubata merah dan batako, bahan bangunan ini memiliki kekuatan tekan sangat tinggi. Keunggulan teknis lainnya, produk teknologi ini apabila telah tersusun akan menciptakan beban nol atau seimbang menjadi merata. Dari hasil riset sementara ini, bangunan dari bahan beton ini juga memiliki kemampuan untuk bertahan dari guncangan gempa karena di antara ikatan (pertemuan batu) satu sama lain memiliki toleransi ± 2 mm yang memang disiapkan sebagai antisipasi terhadap getaran. Bagi daerah-daerah jauh dari pusat (episentrum) gempa, dapat menggunakan beton standar K.125. Namun untuk daerah-daerah rawan gempa, pemilik lisensi menganjurkan menggunakan K.225 ke atas.



 

Kekurangan Teknologi Delta Qualstone

Namun sayang, aset sangat berharga ini belum dilirik secara serius oleh pemerintah sehingga sampai saat ini untuk mewujudkan bangunan rumah contoh masih terkendala persoalan dana. Promosi mode on... (kan karya anak bangsa) Buat yang pengen melihat videonya, sudah ada di youtube: Teknologi Delta Qualstone
Semoga kelak korban gempa yang melanda negeri ini dapat diminimalisir baik korban jiwa maupun materiil. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar