Selasa, 12 Juli 2011

Mengenal Google+ di Android - The Stream


Mengenal Google+ di Android - The Stream
Google+ merupakan produk terbaru Google dan barangkali belum semua dari Anda memiliki akun Google+. Masih dalam versi closed beta, Google+ saat ini memang masih terbatas dan untuk bisa membuat akunnya Anda harus terlebih dahulu mendapatkan invitasi dari pemilik akun Google+ lain. Google+ telah tersedia dalam versi web, Android dan telah dipersiapkan untuk iOS. Hal utama yang perlu Anda pahami dari Google+ adalah STREAM. Untuk memberikan gambaran tentang bagaimana Stream Google+ untuk Android, Anda bisa simak screenshots berikut keterangannya di bawah ini.

Konsep Stream yang ada di dalam Google+ sangat keren, demikian pula versi Androidnya. Tampilannya terlihat seperti News Feed. Stream berisi semua hal yang di-share dengan Anda juga semua hal yang Anda post di dalam Circle bisa dlihat di situ.



Untuk sharing cukup dengan klik pada icon pensil, ketik yang ingin Anda post dan pilih Circle mana yang ingin Anda share. Secara default, apa yang Anda share akan dimulai dengan “Your Circle”, namun Anda bisa menghapus atau menggantinya dengan memilih Circle tertentu yang ada di akun Google+ Anda. Bahkan, sharing dengan memilih hanya satu nama saja juga bisa dilakukan. Anda pun bisa share lokasi atau attach image di postingan yang Anda buat, masing-masing melalui button kamera atau album.


Menggeser Stream ke arah kiri bisa menunjukkan semua post yang ada di sekitar lokasi tempat Anda sedang berada. Tentu saja Anda barangkali tidak mengenal semua orang yang ditampilkan tersebut namun Anda tetap bisa melihat profil dan semua hal yang mereka share. Satu lagi, meskipun Anda tidak memakai GPS namun secara otomatis Google mampu mengidentifikasi lokasi Anda secara kasar. Jadi, jangan harap Anda bisa melihat postingan orang lain yang berada di luar kota, kecuali dia ada di circle Anda.

Fitur yang tak kalah penting adalah check-in places seperti pada Foursquare. Dengan langsung sign-in menggunakan Google+, Anda bahkan tidak memerlukan Foursquare, Gowalla atau Facebook Places. Untuk bisa melakukannya, tinggal tekan ‘check icon’ yang ada di Stream menu dan Anda akan dibawa ke sebuah screen yang menunjukkan sejumlah pilihan tempat yang terletak di lokasi Anda berada.


Itulah gambaran STREAM yang ada di Google+ untuk Android. Nantikan fitur Google+ lain yang akan kami kupas satu per satu ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar