Senin, 27 Juni 2011

Persaingan Antara Google Dan Microsoft

Barangkali inilah pertarungan yang paling sengit dalam dunia technology akhir-akhir ini. Google secara intensif terus menyerang hampir di semua lini bisnis utama Microsoft. Bulan – bulan terakhir ini keduanya saling serang dengan langsung mengarah ke bisnis utama lawannya.
Lihat saja baru baru ini Google mengumumkan bahwa mereka akan segera me-launching operating system baru yang diberi nama Google Chrome OS dan Microsoft pun tidak mau kalah dengan juga langsung menyerang ke lini bisnis utama Google dengan me-launching Search Engine Bing. Apalagi Microsoft juga telah berhasil menarik Yahoo yang juga merupakan salah satu musuh utama Google.
Bagaimana akhir dari pertarungan ini, tentunya sangat menarik untuk dilihat. Inilah 10 cara yang dilakukan Google untuk menghancurkan Microsoft
1. Operating System
Google menghadirkan Chrome OS yang akan segera dirilis tahun 2010 untuk menantang Windows dimana Microsoft sendiri telah menyiapkan Windows 7 yang akan segera launching sekitar bulan October tahun ini.
Disini Microsoft jelas jauh lebih unggul dibandingkan Google dimana Windows sampai saat ini paling tidak sudah menguasai 90% pasar operating system. Namun dengan label Freeware, Chromo OS dipercaya akan menjadi tantangan berat bagi Windows.
2. Pencarian
Google search menurut ComScore menguasai 65% market search di Amerika. Untuk menandingi Google Search, Microsoft baru-baru ini mengeluarkan search engine terbarunya dengan nama Bing.
Dengan menggelontorkan dana untuk iklan sebesar $80 juta, kini Market Share Microsoft di Amerika Naik dari 8% menjadi 8.4%. Microsoft CEO Steve Ballmer mengatakan bahwa mereka akan mensupply dana antara 5%-10% dari operating income Microsoft selama 5 tahun kedepan di market ini. Ini berarti sekitar $10 milliar per tahun. Dan kerjasama yang terjalin baru – baru ini dengan Yahoo, diperkirakan akan menaikan posisi market share Microsoft hingga mendekati 30%.
3. E-mail
Google akhirnya melepas versi beta di GMail. 146 juta orang menggunakannya setiap bulan menurut ComScore. Google juga mencoba menarik pelanggan corporate dengan servisnya melalui Google Apps.
Sementara Hotmail milik Microsoft telah digunakan 343 juta orang diseluruh dunia menurut comScore.
4. Office Application
Google Docs yang dapat digunakan secara gratis ini, terdiri dari word processing, spreadsheets, dan presentations diharapkan akan mampu menandingi keperkasaan Microsoft di area ini.
Microsoft Office yang terdiri atas Word, Excel spreadsheets, PowerPoint presentations, Outlook, dll., nampaknya masih terlalu perkasa bagi Google Docs, apalagi Microsoft akan segera merilis Office 2010 tahun depan. Dan juga server produk seperti Exchange.
5. Social Networking
Tahun 2006, Google setuju membayar MySpace $900 juta selama 3 tahun untuk perjanjian search dan iklan. Google juga memiliki OpenSocial, sebuah jejaring social yang ditujukan untuk melemahkan genggaman Facebook.
Tahun 2007, Microsoft membeli 1.6% saham Facebook senilai $240 juta. Sebagai bagian dari perjanjian ini, Microsoft juga setuju membayar Facebook $150 juta untuk hak atas iklan.
Facebook memiliki 250 juta user aktif dibandingkan dengan MySpace yang hanya 130 juta user diseluruh dunia. Sementara OpenSocial masih terlalu kecil untuk turut diperhitungkan disini.
6. Portal dan Brand Advertising
Satu-satunya kepunyaan Google di area ini adalah YouTube. Diperkirakan pendapatan YouTube dari iklan adalah sekitar $500 juta. ComScore mengatakan YouTube diperkirakan memiliki sekitar 92 juta unique visitors di Amerika pada bulan Juni lalu.
Microsoft memiliki MSN yakni web portal nomor 3 didunia setelah Yahoo dan AOL. Dan diperkirakan 93 juta unique visitors di Amerika mengunjungi MSN dibulan Juni lalu.
Menurut TNS Media Intelligence di tahun 2008 para pengiklan telah menghabiskan dana sebesar lebih dari $4 milliar. Dan mereka lebih suka menggunakan Web Video, oleh karena itu MSN telah menambahkan layanan premium video content di portalnya, tetapi tetap saja YouTube masih yang terdepan.
7. Web Browser
Google meluncurkan Chrome tahun 2008 lalu. Dan hanya dalam sekitar 1 tahun sejak dirilis, menurut Net Application, Chrome telah memperoleh 2% market share di area ini.
Microsoft dengan Internet Explorer nya, diperkirakan menguasai sekitar 66% market share. Microsoft masih terlalu dominan di area ini dan Chrome diperkirakan akan membutuhkan waktu yang lama untuk bisa menandingi Internet Explorer-nya Microsoft, bahkan juga Firefox yang kini memiliki 20% market share.
8. Mobile OS
Google merilis Android tahun 2008 lalu yang siap menantang Windows Mobile. Tahun depan beberapa Mobile Companies telah siap membenamkan Andriod pada SmartPhone mereka. Namun tetap saja cukup sulit buat Google dengan Android-nya untuk menandingi keperkasaan Windows Mobile, apalagi Microsoft memiliki beberapa tool yang mengagumkan yang ditanamkan pada Xbox dan beberapa entertainment produk.
9. Ad Serving, Ad Exchange
Google mendapakan DART ketika ia membeli DoubleClick senilai $3.1 triliun di tahun 2007. DART adalah standard server untuk iklan premium bagi penerbit (publisher).
Microsoft membeli Atlas Systems senilai $6 triliun di tahun 2007 juga.
10. Ad Networks
Menurut ComScore, Google AdSense for Content telah mencapai 163 juta unique visitors dibulan Juni. Itu berarti 84% dari total populasi pengguna Internet di Amerika.
Pada bulan yang sama, ada 146 juta unique visitors diseluruh dunia yang mengunjungi Microsoft Media Network.
Diperkirakan pada kuartal ke 2 tahun 2009 Google AdSense telah meraih pendapatan sekitar $1.68 milliar. Disini Google masih yang terbesar.
Demikianlah sekilas ulasan pertaruangan dua raksasa didunia IT ini, siapakah yang akan keluar sebagai pemenangnya, kita tunggu saja waktunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar